PENGERTIAN PEMASARAN


           Pada dasarnya, manajemen pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan dari perwujudan , pemberian harga, promosi dan distribusi dari barang-barang dan jasa serta gagasan untuk menciptakan pertukaran dengan kelompok sasaran yang memenuhi tujuan pelanggan dan organisasi. Hal ini berarti dalam manajemen pemasaran tercakup serangkaian kegiatan analisis, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan atas barang dan jasa serta gagasan dengan tujuan utama kepuasan pihak=pihak yang terlibat.

          Pada kenyataanya masyrakat pemasaran akan terlibat sepuluh (10) macam entitas yaitu :

1. Barang-barang (goods)
2. Jasa-jasa (services)
3. Pengalaman-pengalaman (experience)
4. Kegiatan-kegiatan (events)
5. Orang per orang (persons)
6. Tempat-tempat (places)
7. Harta kekayaan (properties)
8. Banyak organisasi (organizations)
9. Informasi (information)
10. Banyak ide (ideas).


Sementara itu pengertian pemasaran (marketing) saat ini bukan sekedar menual dengan dimensi jangka pendek tetapi memasarkan dengan dimensi jangka panjang.
Menurut Theodore levitt dari Universitas Harvard, mengambarkan perbedaan pemikiran kontras antara konsep penjualan dan pemasaran yakni :
Penualan berfokus pada kebutuhan penjual, pemasaran berfokus pada kebutuhan pembeli. Penjualan member perhatian pada kebutuhan penjual untuk mengubah produknya menjadi uang tunai, pemasaran mempunyai gagasan untuk memuaskan kebutuhan pelanggan lewat sarana-sarana produk dan keseluruhan kelompok barang yang dihubungkan dengan hal menciptkana, menyerahkan dan akhirnya mengkomsumsinya.



SUMBER : MANAJEMEN PEMASARAN BANK, SENTOT IMAM WAHJONO, PENERBIT GRAHA ILMU