Bingung cara memasarkan produk dari bisnis kamu???
Mulai sekarang hilangkan kebingungan itu, karna sekarang ini saya akan memberikan tips yang mudah untuk kmu. Di zaman yang serba modern sekarang ini semua fasilitas sudah tersedia untuk beraktivitas, mulai dari belajar, berkreasi sampai dengan yang berhubungan dengan bisnis tapi kita tidak tau cara memanfaatkannya.
Sebenarnya banyak media yang
dapat kita gunakan, namun kali ini saya akan menggunakan “Pinterst” untuk kita gunakan dalam proses berbisnis. Bagaimana tips-tipsnya???
Nah untuk itu kita bahas dulu apa itu “Pinterest”.
Pinterest merupakan situs dengan perkembangan tercepat
dalam sejarah yang bisa menarik pengunjung unik bulanan sebanyak 10 juta lebih.
Ini lebih cepat dari Facebook, Twitter dan Google.
Pinterest bagi pemilik bisnis
kecil dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk lebih banyak menjaring calon pelanggan.
Basis penggunanya makin besar dan dengan tingkat pertumbuhan yang tinggi.
Jika pasar yang Anda bidik adalah
kaum wanita, Pinterest adalah tempat yang sesuai untuk berpromosi. Ia bisa
mempengaruhi calon pembeli dan membuatnya memutuskan untuk membeli via online.
Berikut adalah 10 cara kreatif untuk menggunakan Pinterest dalam memajukan
bisnis.
Cara 1: Kenalkan produk dengan lomba foto
Pinterest
ialah platform yang ideal untuk mengadakan lomba foto. Anda bisa menggunakannya
dengan jejaring sosial lain seperti Facebook untuk memberikan detil lomba foto.
Adakan lomba
untuk menunjukkan pin terbaik dari produk Anda atau memakai barang berlogo
merek Anda yang digunakan di kehidupan sehari-hari. Orang dari seluruh dunia
akan menunjukkan foto produk Anda atau berbagi mengenai merek Anda, membawa
lebih banyak traffic dan branding dengan gratis.
Cara 2: Menjadi sosok panutan di Pinterest
Seperti di
Twitter, Facebook dan blog, salah satu cara terbaik untuk mendapatkan perhatian
ialah dengan memberikan konten yang berkualitas tinggi.
Jika Anda
memiliki pengetahuan dan pengalaman yang sangat baik dalam satu bidang, buatlah
sebuah board di Pinterest dengan konten yang Anda buat itu. Orang akan
mendapatkan ide dari sana dan membantu mereka menyelesaikan masalahnya. Dengan
melakukan ini secara terus menerus, peluang Anda untuk menjadi panutan atau
pemimpin dalam bidang tertentu akan terbangun di Pinterest.
Cara 3: Daftar belanja
Buatlah
sebuah daftar belanja. Misalnya, katakanlah Anda mendirikan perusahaan suplai
barang dan makanan untuk pesta. Anda mungkin bisa membuat sebuah board di
Pinterest untuk masing-masing jenis pesta berbeda: pesta ultah anak, pesta
kejutan, pesta kantoran, dan sebagainya.
Untuk setiap
pesta, buatlah pin-pin yang berbeda sebagai daftar belanja. Misalnya, pesta
ultah anak-anak akan membutuhkan kue tart, topi, dan sebagainya.
Berikan nilai nyata dengan pin Anda dan jika sesuai, Anda bisa menempatkan produk Anda di sana.
Berikan nilai nyata dengan pin Anda dan jika sesuai, Anda bisa menempatkan produk Anda di sana.
Cara 4: Tambahkan penunjuk harga untuk menyarankan hadiah
Pernahkah
Anda memperhatikan bagaimana beberapa barang di Pinterest dilabeli penunjuk
harga? Anda bisa melakukan ini dengan hanya menambahkan deskripsi barang di
Pinterest.
Misalnya, jika Anda mengatakan “Mangkuk ini hanya seharga Rp XXX” penunjuk kharganya akan tampak di gambar barang dan akan muncul dalam kategori “hadiah”.
Misalnya, jika Anda mengatakan “Mangkuk ini hanya seharga Rp XXX” penunjuk kharganya akan tampak di gambar barang dan akan muncul dalam kategori “hadiah”.
Cara 5: Riset pasar
Gunakan
pInterest sebagai alat meneliti pasar. Apakah yang dipikirkan konsumen? Apa
yang mereka mau beli? Apakah harapan mereka dan impian mereka? Apakah produk
yang sedang naik daun?
Menemukan jawaban
dari semua pertanyaan itu biasnaya sangat sukar. Dengan Pinterest, Anda bisa
mengalamati secara real time apa yang setiap orang pikirkan sekarang.
Cara 6: Paket produk
Gunakan
Pinterest untuk membuat paket produk. Kelompokkan beberapa barang berbeda
bersama dan promosikan dalam satu paket.
Anda bahkan
bisa memamerkan paket produk secara rutin. Misalnya jika setiap minggu orang
mengetahui Anda memiliki 4 paket produk, mereka akan berlangganan ke feed Anda
untuk bisa menemukan rilis paket berikutnya yang menarik.
Cara 7: Ide produk berikutnya
Jenis ide apakah yang
dipertimbangkan perusahaan? Satu cara untuk memungkinkan pengguna Anda
berpartisipasi dalam proses penentuan keputusan ialah dengan menyajikan semua
ide yang mungkin di board Pinterest.
Jika terdapat 10 produk berbeda
dan 10 arahan berbeda yang bisa diambil, biarkan konsumen yang memilih.
Cara 8: Pinboard Kupon
Pinboard kupon bisa membantu Anda
memberikan nilai untuk pelanggan dengan membantu mereka untuk menghemat dan
memberikan peluang untuk mempromosikan produk Anda sendiri.
Buatlah pinboard dari kupon-kupon
dan kode diskon yang bisa ditemukan di satu industri. Sisipkan dua milik Anda
di sana. Pelanggan yang sedang ingin menghemat akan adatang, menemukan board
pin Anda dan membeli berdasar rekomendasi Anda dan dari perusahaan Anda.
Cara 9: Tunjukkan apa yang terjadi di balik layar
Bagaimana
produk Anda dibuat? Seperti apa suasana dalam kantor Anda? Siapa yang
menjalankan perusahaan? Bahan atau material apa saja yang menyusun produk Anda?
Percaya atau
tidak, konsumen sebenarnya sangat ingin tahu mengenai apa yang terjadi di balik
semua produk yang mereka beli. Satu board bertema edukasi dan fun mungkin bisa
dibuat dan diisi pin foto produk Anda yang sedang dibuat.
Cara 10: Board berisi visi
Buatlah board berisi pin di mana
Anda menginginkan perusahaan Anda untuk berada dalam satu , lima atau 10 tahun
lagi. Gunakan ini untuk memandu keputusan Anda dan mendorong semangat karyawan.
Produk apa yang Anda hendak jual?
Konsumen apa yang Anda hendak layani? Negara mana yang Anda hendak jadikan
wilayah operasi? Seberapa besar Anda akan membesarkan perusahaan? Seperti apa
seharusnya kantor Anda terlihat?
Buatlah sebuah visi
menarik mengenai masa depan bisnis Anda